Alibaba Buat Mesin Pintar untuk Pesan Makanan

0
50

Alibaba Machine Intelligence Technologies memperkenalkan teknologi speech interaction yang dipasang di sistem pemesanan pintar di kafe dan restoran. Sistem tersebut akan memproses pesanan pelanggan lalu menampilkan pesanannya ke layar dalam hitungan detik. Mesin juga akan menyesuaikan perubahan pesanan yang dilakukan pelanggan. Teknologi ini dikembangkan dari riset linguistik yang meneliti pemrosesan ucapan dan bahasa alami. Tim riset Alibaba mengembangkan interaksi multi-modal yang dapat menangkap fitur suara dan visual, seperti tempo bicara, jeda antarkata, lafal, napas, dan ekspresi wajah. Lalu, tim membangun model pembelajaran yang disempurnakan untuk mampu merevisi dan mendeteksi maksud kalimat yang diucapkan pelanggan.

Menurut Head of Intelligent Speech Interaction Alibaba Machine Intelligence Technologies, Zhijie Yan, selain pemesanan makanan, teknologi ini bisa diaplikasikan ke perintah suara untuk perangkat rumah atau mobil pintar dan menjawab pertanyaan di pusat perbelanjaan atau bandara dalam bentuk audio. Mesin pemesanan pintar ini diharapkan bisa beroperasi dalam beberapa bulan ke depan dan akan tersedia di Alibaba Cloud untuk membantu UKM. Sayangnya, teknologi ini baru tersedia untuk pelanggan berbahasa Mandarin saja, seperti dirangkum KompasTekno dari keterangan tertulis Alibaba, Mingu (27/5/2018).

Desember lalu, Alibaba juga memperkenalkan kios tiket pintar di Stasiun Kereta Shanghai Selatan. Kios tiket pintar bisa membantu penumpang kereta menetukan rute terbaik dengan memanfaatkan teknologi pengenal suara jarak jauh.

Sumber dari : Tekno.Kompas.com

Baca Juga :  Lukisan Gua Tertua di Dunia Ada di Kalimantan Timur