KPU Tetapkan DPT Hasil Perbaikan Jumat Besok

0
80

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) kedua pada Jumat (16/11) dalam rapat pleno terbuka penetapan hasil rekapitulasi DPTHP kedua.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari menyatakan penetapan akan disahkan dalam rapat pleno. Sebelumnya, ujar Hasyim, KPU sudah menetapkan DPTHP pertama pada 16 September 2018. Namun, KPU, Bawaslu dan partai politik bersepakat untuk melakukan penyisiran dan sinkronisasi lagi DPTHP pertama untuk mengatasi data pemilih ganda dan DPT bermasalah lainnya.

“Insyallah nanti ditetapkan pada 16 November, pleno terbuka rekapitulasi data pemilih hasil perbaikan,” ucapnya (13/11) di Gedung KPU Jakarta.

Menurutnya, beberapa KPU di tingkat daerah khususnya di Kabupaten/Kota sudah mulai melakukan penetapan DPT hasil perbaikan dan untuk KPU Pusat akan terus melakukan monitoring penetapan tersebut. “Kami memonitor proses-proses penetapan DPT di tingkat Kabupaten/Kota,” tegasnya.

Dia mengatakan perbaikan DPT juga dilakukan oleh petugas KPU di luar negeri. Beberapa komisioner KPU berada di luar negeri untuk memonitor proses penetapan DPT Luar Negeri (DPTLN) tersebut. “Hasil perbaikan DPTLN di beberapa kantor perwakilan di luar negeri sudah mulai ditetapkan oleh PPLN,” tambahnya.

Dalam peleno DPTHP tahap 1 yang diputuskan oleh KPU, terdapat sebanyak 187.109.973 yang tercatat sebagai pemilih secara keseluruhan gabungan dari daftar pemilih dalam negeri dan luar negeri. Angka itu sedikit berkurang dari DPT yang diumumkan oleh KPU pada 5 September sebelumnya yakni sebanyak 187.781.884.

Sumber : Sindonews.com

Baca Juga :  Patung Tuhan Yesus di Taman Gembala di Betlehem