Sejarah Perkembangan Teknologi di Dunia Maupun di Indonesia dari Masa ke Masa

0
202

Di era globalisasi ini, perkembangan teknologi bukan lagi menjadi hal yang baru untuk dibicarakan. Sebab, teknologi terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Berbagai jenis teknologi yang terdapat sekarang ini merupakan pengembangan dari teknologi yang telah ada sebelumnya. Misalkan saja komputer. Komputer telah ada sejak terjadinya Perang Dunia Kedua. Dahulu, komputer pertama diciptakan dengan bentuk fisik yang besar hingga mencapai satu ruangan. Selain itu, terdapat beberapa kekurangan dari komputer pertama, yaitu membutuhkan daya listrik yang besar dan hanya mampu melaksanakan suatu tugas tertentu. Namun kini, komputer sudah semakin canggih dengan bentuknya yang kecil dan hemat daya. Perkembangan teknologi terjadi sangat cepat dan mendunia. Tanpa terkecuali di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan dari perkembangan itu menjadikan masyarakat Indonesia menjadi lebih modern. Namun, kebanyakan orang belum mengetahui sejarah perkembangan teknologi yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, kali ini akan dijelaskan dengan detail mengenai sejarah perkembangan teknologi dunia yang juga dirasakan di Indonesia. Langsung saja ke pembahasan pertama mengenai sejarah teknologi yang terjadi di dunia.

Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa

Sekarang ini, kehadiran teknologi telah memberikan banyak perubahan di berbagai sektor kehidupan manusia. Sebab, teknologi menawarkan kemudahan yang belum didapatkan sebelumnya. Namun, kehadiran teknologi tidak begitu saja terjadi, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembangkannya. Contohnya saja, dahulu untuk berkomunikasi dengan orang lain dari jarak yang jauh, maka Anda dapat melakukannya dengan saling berkirim surat. Namun seiring berkembangnya zaman, teknologi juga terus dikembangkan. Anda tidak perlu mengirim surat lagi, hanya dengan menggunakan handphone Anda telah dapat berkomunikasi langsung dengan orang tersebut. Perkembangan teknologi memang telah memberikan Anda kemudahan dalam berbagai bidang. Walaupun begitu, Anda juga perlu mengetahui sejarah dari perkembangan teknologi yang terjadi di dunia. Berikut ini akan dibahas secara rinci mengenai proses perkembangan teknologi tersebut.

Baca Juga :  Megahnya 6 Patung Karya Seniman Kelas Dunia, Indonesia Punya?

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi


Perkembangan teknologi selalu dikaitkan dengan kedua bidang utama dalam kehidupan manusia, yaitu informasi dan komunikasi. Kedua bidang ini terus mengalami kemajuan dengan menggunakan teknologi. Bahkan, kedua bidang ini juga yang melahirkan berbagai jenis teknologi baru. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan mengenai sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

1. Masa Prasejarah (Hingga 3000SM)

Pada masa prasejarah, manusia belum mengenal istilah teknologi. Seluruh aktivitas yang mereka lakukan akan dituangkan kedalam bentuk gambar yang diletak di dinding-dinding gua tempat mereka tinggal. Awalnya, untuk melakukan komunikasi dengan sesama, mereka menggunakan bahasa isyarat . Selanjutnya, mereka menciptakan alat seperti kentongan yang terbuat dari tanduk hewan untuk menyampaikan informasi dan menggunakan simbol-simbol seperti pictograf sebagai huruf. Dari zaman inilah, teknologi terus dikembangkan dengan tidak menghilangkan nilai dasar dari alat sebelumnya.

2. Masa Sejarah (3000SM – 1400M)

Beberapa kemajuan teknologi mengalami perkembangan yang pesat di masa sejarah, seperti :
• Bangsa Mesir kuno menggunakan huruf hieroglyph yang berupa simbol-simbol untuk mewakili setiap ungkapan di tahun 2900SM.
• Pembentukan media kertas pertama dengan menggunakan tumbuhan papyrus pada tahun 500SM.
• Bangsa Cina berhasil menemukan kertas seperti yang kita gunakan saat ini di tahun 500SM.

3. Masa Modern (1400M- Sekarang)

• 1455 : Jonathan Gutenberg menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf.
• 1830 : Penulisan program komputer pertama kali oleh Augusta Lady Byron bersama Charles Babbage. menggunakan mesin analytical untuk mengolah data dan menghasilkan keluaran dalam bentuk kartu.
• 1837 : Dikembangkannya telegraf oleh Samuel Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang berupa kode Morse. Kode itu dikirim melalui kabel yang menghubungkan kedua lokasi dan diproses dalam waktu yang bersamaan.
• 1861 : Pembentukan cikal bakal film seperti sekarang ini, dimana gambar dibuat bergerak yang diproyeksikan menggunakan sebuah layar besar.
• 1876 : Pengembangan penulisan bilangan desimal oleh Melvyl Dewey.
• 1877 : Pengembangan perangkat telepon oleh Alexander Graham Bell dan Eadweard Muybridge yang menemukan fotografi dengan kecepatan tinggi.
• 1899 : Adanya media penyimpanan menggunakan pita magnetis yang masih bersifat analog. 1923 : TV Tabung pertama diciptakan oleh Zvorkyn.
• 1939 : Dr. John V. Atanasoff bersama Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama..
• 1940 : Pengembangan teknologi dalam bidang informasi yang dipergunakan untuk pengiriman atau penerimaan dokumen militer saat Perang Dunia Kedua terjadi.
• 1945 : Diciptakannya sistem pengkodean menggunakan hypertext oleh Vannevar Bush. Hypertext ini digunakan sebagai cikal bakal pembuatan website.
• 1946 : Teknologi komputer ENIAC I pertama kali dikembangkan untuk instansi tertentu.
• 1948 : Para peneliti mengembangkan transistor.
• 1957 : Pengembangan transistor planar oleh Jean Hoerni.
• 1972 : Ray Tomlinson menciptakan suatu program email untuk dapat berkomunikasi jarak jauh.
• 1973-1990 : Pada tahun inilah internet diperkenalkan disertai dengan pengembangan protokol jaringan yang disebut dengan TCP/IP yang dikembangkan oleh DARPA. Kemudian di tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang digunakan sebagai alat koordinasi di antaranya DDN, ARPANET dan Internet Gateway.
• 1991 – Sekarang : Sejak tahun 1991 teknologi mulai diterapkan dalam dunia bisnis. Istilah WWW (World Wide Web) diperkenalkan oleh CERN pada 1992.

Baca Juga :  Tersangka Kasus Dugaan Penipuan Gugat Kapolri dan Kabareskrim

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Pada umumnya, perkembangan teknologi di Indonesia terjadi secara bertahap. Sebab, ketersediaan infrastruktur adalah faktor yang mempengaruhi perkembangan teknologi tersebut. Dibawah ini akan dijelaskan perkembangan teknologi di Indonesia yang terbagi menjadi beberapa tahap:

1. Perkembangan Televisi Pada

24 Agustus 1962, adanya saluran televisi pemerintah, yaitu TVRI (Televisi Republik Indonesia). Hal inilah yang menyebabkan munculnya saluran televisi lain seperti yang kita kenal sekarang.

2. Perkembangan Satelit

Untuk membangun sistem komunikasi yang lebih modern, Indonesia meluncurkan sebuah satelit yang bernama PALAPA A1 pada 1975. Selanjutnya, barulah bermunculan jenis satelit yang lain, seperti PALAPA A2, PALAPA B1, PALAPA B2 dan sebagainya.

3. Perkembangan Komputer dan Internet

Indonesia sendiri baru mengenal internet di tahun 1970-an. Hal itu digunakan di beberapa organisasi akademis perguruan tinggi. Kemudian, pada tahun 1993 barulah Indonesia resmi terhubung dengan jaringan internet dengan menggunakan protokol TCP/IP dan domain “id” untuk simbol Negara.
Demikianlah pembahasan mengenai sejarah awal mula diciptakannya teknologi, perkembangan teknologi yang terjadi baik di dunia maupun di Indonesia. Dengan begitu, Anda bukan hanya menjadi konsumen sejati saja, tetapi dapat memberikan inovasi terhadap perkembangan teknologi yang dirasakan sekarang ini.

*link sumber berikut: https://www.nesabamedia.com/sejarah-dan-perkembangan-teknologi/