Sejauh Mana Perusahaan Kita Siap Bersaing

0
75

Opini – Sudah menjadi keinginan setiap pemilik perusahaan untuk bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang memiliki reputasi lebih baik dari perusahaan yang dimilikinya. Namun, sebelum sampai tahapan itu, sebainya pemilik menyadari sejauh mana kinerja yang sudah dicapai oleh perusahaannya.

Hal ini enjadi penting, karena banyak pemilik perusahaan tidak menyadari kemampuan yang dimilikinya, sehingga tanpa kalkulasi yang tetap, perusahaan hanya membuang-buang waktu, tenaga dan keuangan perusahaan dengan percuma.

Bagaimana mengukur prestasi yang sudah diraih perusahaan? Ada cara sederhana yang bisa dilakukan sebuah perusahaan dalam menakar sampai sejauhmana kemampuan yang mereka miliki. Berikut beberapa panduan sederhana, untuk menilai sejauhmana kemampuan sebuah perusahaan.

Pertama, target triwulan pertama. Setiap perusahaan punya misi yang diembanya ketika pertama kali membentuk sebuah badan usaha. Ada target jangka panjang, menengah dan jangka pendek. Untuk melihat performa perusahaan, ukurlah dalam tiga bulan pertama. Jika target terpenuhi, minimal 50 persen, itu artinya perusahaan telah menunjukkan performanya.

Kedua, Kinerja pegawai. Setiap pegawai yang dimiliki perusahaan memiliki skill yang berbeda-beda, tingkat kelulusan yang berbeda-beda pula. Kelompokkan mereka kedalam ‘kelas’ berdasarkan keahlian masing-masing. Contoh, Marketing, seberapa kemampuan yang bisa mereka hasilkan dari target yang ditetapkan perusahaan. Selain target, kita juga bisa mengukur kemampuan pegawai kita dari absensi, ugas-tugas harian sampai mingguan. Setelah selesai buatlah laporan capaian pegawai secara berkala. Dari hasil laporan tersebut, kita bisa menilai sejauhmana kinerja seorang pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut.

Ketiga, ini yang palin penting, jika dari target perusahaan dan kinerja perusahaan ternyata di bawah rata-rata, itu artinya perusahaan butuh pertolongan. Kalau kita ibaratkan tubuh, maka perusahaan butuh ‘darah segar’ untuk melanjutkan aktivitasnya sehari-hari.

Baca Juga :  Lukisan Gua Tertua di Dunia Ada di Kalimantan Timur

Apa yang hasus dilakukan agar target perusahaan tercapai dan kinerja pegawai sesuai keinginan pemilik?

Berikut beberapa halyang bisa dilakukan sebelum perusahaan kolaps.

Pertama, Sistem penilaian yang transparan. Setiap kebijakan perusahaan yang dibuat harus diketahui seluruh pegawai yang terlibat. Jangan sekali-kali membuat aturan yang hanya menguntungkan sekelompok orang yang ada di perusahaan tersebut.

Kedua, Penuhi hak karyawan. Sering kali disetiap perusahaan ada tugas luar untuk menjalankan misi perusahaan. pembagian yang adil terhadap jadual tugas luar menjadi salah satu pemenuhan hak mereka. jangan membagi jadual tugas luar yang tidak adil, sehingga merugikan karyawan yang lain.

Ketiga, Reward en Punishment. Perusahaan harus memberikan apresiasi terhadap karyawanya yang berprestasi. Sebaliknya, hukuman yang setimpal dengan kesalahan karyawan juga harus diberikan kepada mereka yang terbukti melangga peraturan yang dibuat perusahaan. Jika ini dijalankan, maka keryawan akan terpacu untuk berprestasi dalam pekerjaannya.

Keempat, Jenjang karie yang jelas. Perusahaan harus menyadari bahwa karyawan yang bekerja memiliki tingkat umur dan tanggung jawab yang berbeda. Untuk itu perusahaan juga harus memastikan memberi jenjang karier yang jelas. Hal ini berdampak pada meningkatkan motivasi Karyawan. Karena karyawan sadar bahwa prestasi yang mereka ukir akan menghasilkan kenaikan jenjang karir yang jelas, sehingga masa depan karyawan dan keluarganya terpenuhi.

Dan yang terakhir adalah, Training dan pelatihan. Setelah mengukur bagian mana saja yang harus di dorong kinerjanya dan karyawan mana saja yang harus diasah kemampuanya, perusahaan dapat mengadakan training atau pelatihan. Tentukan waktu pelatihan, serta ukur progres yang dihasilkan karyawan. Setelah semuanya selesai, perusahaan dapat memiliki tenaga baru, dan kinerja perusahaan diharapkan akan meningkat.

Baca Juga :  Baca Eksepsi, Lucas Sebut Perkara yang Menjeratnya Banyak Kejanggalan

Demikian tips, sederhana untuk meningkatkan performa perusahaan. Jika semua dijalankan dengan baik dan dengan disiplin tinggi serta etos kerja yang baik, Perusahaan anda akan siap bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lain.

Sumber dari : Eka Saputra – http://kabarakyat.com